Tips mengusir patah hati

Putus cinta sudah tentu mendatangkan kekecewaan mendalam. Beragam rasa seolah berkecamuk di dalam dada. Dunia pun rasanya akan runtuh! Belum lagi air mata tiada henti mengalir. Oh.., jangan menggunakan jalan pintas untuk mengakhiri hidup.

Soal menyedihkan, sudah pastilah, namanya juga putus cinta. Tapi tentu Anda harus sanggup melampauinya dan menjalankan aktivitas seperti biasa. Bukankah cuti putus cinta tak pernah tercantum di peraturan perusahaan? Ada jalan sutra untuk mengobati patah hati dengan self healing atau sembuh dan selaras secara menyeluruh (meliputi fisik, mental, emosi, dan spiritual) dari Reza Gunawan, sang praktisi penyembuhan holistik. Patah hati bisa mengakibatkan gejala fisik, mental, emosi, dan spiritual. Patah hati juga tanpa disadari bisa saja membuat Anda jatuh kurus secara tidak sehat karena malas makan. Anda juga akan menjadi malas bersosialisasi dengan teman-teman Anda. Apapun yang Anda lakukan, di benak Anda hanyalah dia, dia dan dia. Berikut strategi singkat buat mengatasinya.

Percayalah kalau semakin gencar usaha Anda untuk kembali pada si mantan, maka akan semakin susah buat mengatasi patah hati.
Ketimbang terus mencari strategi terampuh buat memperbaiki hubungan yang sudah lewat atau menyiapkan rencana superromantis ala film Hollywood untuk mengajak si dia kembali ke sisi Anda, Reza lebih menyarankan agar Anda merawat hati tercinta baik-baik.

Izinkan semua rasa dan pikiran hadir.
Penjelasan dari Reza simpel saja,”Perasaan yang gegap gempita dalam hati itu, semakin ditolak akan semakin awet bercokol, dan kian dibolehkan hinggap maka akan semakin cepat tuntas, hilang tak berbekas.” Jelas, kan?

Saat kesedihan menghampiri perasaan, hentikan segala aktivitas sejenak.
Letakkan sejenak remote televisi di tangan, hentikan sebentar kesibukan Anda mengetik atau, pinggirkan sesaat mobil yang tengah Anda kendarai lalu bersiaplah menghadapi kegalauan dalam hati.

Patah hati bisa mendatangkan trauma atau kenangan yang kalau diingat-ingat bisa mengganggu dan jika tidak terus dipikir bisa kerap muncul.
Mau tahu cara mengusir trauma? Pertama, akuilah kalau kejadian tersebut sudah terjadi (ingat, sudah artinya telah berlalu!). Lalu kembali izinkan segala rasa buat berkecamuk di hati. Setelah itu berusahalah buat memetik pelajaran berharga dari pengalaman yang kurang menyenangkan tersebut. Jangan sampai berulang lagi di masa depan. Terakhir, cobalah buat memaafkan si mantan.

Persiapkan hati Anda untuk menghadapi fase naik-turun yang ada di depan mata.
Saat kenangan buruk hadir, pasti Anda akan kembali sedih, dan ketika rasa lega bersemayam di dada, besar kemungkinannya Anda akan merasa lebih kuat. Hal ini bisa berlangsung selama beberapa saat.

Coba ekspresikan perasaan Anda lewat komunikasi yang jujur dan tuntas.
Reza menyiapkan tiga strategi khusus buat Anda. Yaitu dengan cara menulis surat yang berisi ungkapan perasaan Anda pada si dia (tanpa perlu dikirim ke sang mantan), lalu berdirilah di depan kaca sambil seolah berkomunikasi pada sosok di depan Anda guna mengungkap beragam jenis isi hati. Pilihan ketiga yaitu dengan jalan memejamkan mata dan cobalah ungkapkan kegalauan Anda. Lakukan tiga hal di atas minimal sebanyak tiga kali. Waktunya terserah Anda.

Sekali lagi, cobalah buat memaafkan pria itu.
Jika Anda belum siap buat kembali duduk berhadapan atau meneleponnya langsung, lakukan dalam hati saja. Saran dari Reza,”Ingat, ini bukan soal siapa yang benar dan siapa yang salah, tapi ajang memaafkan yang satu ini sangat penting perannya, yaitu buat mengembalikan kedamaian Anda sendiri.”

Carilah tim pendukung.
Reza merekomendasikan tiga orang buat jadi tim sukses penghalau patah hati Anda, yaitu teman, keluarga, dan terapis profesional. Sayangnya tak jarang teman dan keluarga yang Anda andalkan buat jadi pendukung kerap sulit jika diminta untuk hanya mendengar. Komentar yang salah dari mereka terkadang bisa membuat Anda kembali rapuh. Dalam self healing sangat disarankan jika para pendukung hanya jadi pendengar yang baik, karena toh Anda sudah menyiapkan strategi penyembuhan. Tapi hal ini bisa sepenuhnya Anda dapatkan dari seorang terapis.

Sadari kalau hidup senantiasa berubah
Sudah pasti tak ada yang berlangsung abadi dalam hidup Anda. Ayo, segera tuntaskan masalah yang satu ini. Tak jadi masalah jika selanjutnya Anda memilih buat menyandang predikat (the hottest) single hingga bisa puas bersenang-senang bareng para sahabat dan main mata dengan para pria lajang di club, atau malah lebih suka langsung berburu pria keren buat menggantikan tempat sang mantan yang tak lagi meninggalkan kesan buruk buat Anda. Sumber:Cosmopolitan

Ciri pria hidung belang

Karena mungkin, Anda bisa terjebak dalam 'pesonanya'. Seperti dikutip dari situs cosmopolitan.com, beberapa pria yang sering bersikap manis belum tentu bisa dikategorikan sebagai tipe pria yang siap berhubungan serius dan menikahi Anda.

Jadi, agar hubungan yang Anda jalin tidak sia-sia dan membuang banyak waktu, berikut beberapa petunjuk yang bisa membantu Anda lebih peka untuk membaca tanda-tanda apakah si dia termasuk pria 'hidung belang'.

1. Selalu merencanakan tanggal kencan romantis
Makan malam diterangi cahaya lilin memang bisa membuat suasana makin romantis dan nyaman. Namun, jika ia hanya membawa Anda ke tempat-tempat terpencil,
bisa menjadi informasi bahwa ia tidak ingin wanita lain melihatnya berkencan. Jika ia meminta saran pada Anda, lokasi tempat romantis yang Anda inginkan, coba sarankan padanya untuk melakukan makan malam di sebuah restoran atau bar populer dan lihat bagaimana reaksinya.

2. Terasa aneh saat berhubungan lewat telepon
Dia selalu mengirimkan SMS 10 kali dalam satu malam, kemudian pergi tanpa kabar selama berhari-hari. Dia akan memulai obrolan di telepon selama satu jam, kemudian mengabaikan pesan Anda di akhir minggu. Anda pasti bertanya-tanya apa yang terjadi? Bisa jadi, ia sedang sibuk kencan dengan wanita lain.

3. Berusaha mencari kepuasan
Jangan mudah terbujuk rayuan pria untuk tidur bersama. Biasanya pria yang tak bertanggung jawab akan terus membujuk Anda untuk berhubungan intim dengan sedikit menekan, seolah membuat Anda merasa bersalah jika tidak mengikuti bujukannya. Hati-hati jika sikapnya sudah mengarah seperti ini, bisa jadi ini sebagai bendera merah, bahwa Anda harus segera menghindarinya.

4. Tingkahnya terlihat 'aneh' di Facebook
Jika foto momen bersama Anda tidak juga di-tag olehnya, Anda perlu waspada. Atau, apakah dia sering update posting, namun tidak pernah menyebutkan hubungannya dengan Anda? Mungkin saja ia memang menyembunyikan status hubungannya dengan Anda.

5. Berubah sikap di hadapan teman-temannya
Meskipun sikapnya pada Anda terkesan ramah, bukan berarti saat berada di lingkungan teman-temanya akan sama. Anda juga perlu memperhatikan tanggapan dari lingkungan teman-temannya. Mungkin tidak akan menyenangkan jika banyak pertanyaan-pertanyaan pribadi tentang pekerjaan Anda atau minat Anda. Mereka tidak ingin menginvestasikan waktu dan energi untuk mengenal Anda karena mereka tahu, Anda tidak akan berada di sampingnya dalam jangka waktu lama.

6. Ungkapan cinta yang terlalu cepat
Memang banyak orang percaya akan cinta pada pandangan pertama. Tapi, terlalu cepat mengungkapkan rasa cinta juga bisa menunjukkan niat samar. Mengatakan hal-hal seperti, dia mulai jatuh cinta dengan Anda padahal Anda baru berkenalan selama beberapa hari, Anda perlu waspada.

Pastikan Anda mempercayai intuisi Anda. Kata-kata gombal mungkin meluncur dari lidahnya begitu lancar, karena dia berbicara berkali-kali sebelumnya pada wanita lain.

Ketika dikhianati

Beberapa saat lalu si dia melakukan kesalahan, dan akhirnya sekarang ia meminta maaf kepada Anda. Tentunya kemarahan dan kekecewaan itu tak dapat hilang begitu saja. Lalu apa yang harus Anda lakukan?

1. Tanyakan saja kepadanya apa saja yang ingin Anda tahu. Ajak ia berdiskusi dan perkuat kembali komitmen Anda. Dengan komunikasi efektif yang Anda bangun bersamanya, maka ia merasa mendapat kepercayaan kembali.



2. Buang ego dan emosi Anda, ajak ia semakin dekat, tunjukkan ketulusan Anda sebagai seorang istri. Mungkin pedih rasanya mengingat ulah dia yang pernah berkhianat, namun fokuskan tujuan Anda ke arah hubungan yang lebih baik.

3. Jika Anda masih belum bisa memaafkan si dia, cari beberapa waktu untuk sendiri. Tenangkan diri dan ingat kembali momen-momen manis bersama si dia dahulu. Hidupkan kembali cinta Anda dan si dia, ingatlah, komitmen yang Anda jalani adalah pernikahan, suatu yang sakral dan butuh dipertahankan.

4. Jangan balas rasa sakit hati Anda dengan tindakan yang sama. Mungkin beberapa sahabat Anda punya ide konyol untuk membalas perlakuan si dia. Lupakan ide tersebut, dan peluk erat suami Anda. Anda masih mencintainya bukan?

5. Dekatkan diri lebih erat dengan keluarga. Bagaimanapun keluarga adalah yang paling utama, luangkan lebih banyak waktu bersama keluarga. Salah satu cara agar cinta Anda tetap hangat adalah membangunnya dan memberikan kenyamanan ala keluarga.

6. Maafkan dengan sungguh-sungguh. Jangan pernah mengungkit-ungkit, apalagi mengingatkan si dia tentang perselingkuhannya ketika Anda dan dia berselisih pendapat. Mulai kembali hubungan baru Anda.

MENAKLUKKAN seorang idaman hati bukan sesuatu hal yang mudah. Sedikit melukai hatinya, belum tentu si dia akan terpanah asmara. Jika rencana yang telah Anda susun rapi tak ingin gagal dan berantakan dan berjalan sesuai dengan rencana, ada baiknya setiap langkah harus dijalankan penuh kehati-hatian.

Tak perlu tergesa-gesa dengan jalan mengumbar kata cinta, Anda harus memulainya dengan jalan menaklukkan hatinya terlebih dahulu. Untuk membuat pujaan hati terpanah asmara, ada berbagai jalan yang bisa Anda lakukan.

Nah, untuk mengetahui kiat sukses membuat idaman hati terpanah terhadap pesona Anda, dengan jalan:

Tersenyum indah dan berikan perhatian mesra
Jika Anda benar-benar ingin menarik perhatian si dia, maka cara sederhana dapat menjadi langkah perdana yang bisa Anda lakukan. Sebuah senyuman terindah, dipercaya bisa menaklukkan hati kaum hawa. Apalagi, jika Anda menghadiahi si dia setangkai mawar merah yang masih kuncup di kencan pertama.

Walau terkesan klasik dan kuno, cara sederhana ini dapat membuat hati kaum hawa luluh terhadap Anda.

Ajak si dia menikmati aktivitas Anda
Memang tak mudah mengajak belahan jiwa ikut menikmati aktivitas yang Anda lakukan. Terlebih, bila kalian berdua belum memiliki status yang jelas. Tak hanya canggung, tentu hal ini akan terasa asing di matanya. Namun, itu bukan menjadi alasan untuk membuat si dia ikut menikmati aktivitas Anda.

Untuk itu, Anda bisa mencobanya dengan mengajak sang pujaan hati menikmati hobi seperti bersepeda berdua, atau mendaki gunung. Konon, cara ini dapat mengukuhkan hatinya bahwa si dia sangat berarti dalam hidup Anda.

Menjadi pendengar yang baik
Terperangkap dalam masalah yang cukup pelik bukan perkara yang mudah bagi wanita. Saat seperti ini, kaum hawa membutuhkan hadirnya seorang teman untuk mendengar keluh kesahnya dan memberikan sedikit perasaan lega.

Bila Anda ingin memanfaatkan momen ini, mulailah menjadi seorang pendengar yang baik baginya.

Ubah potongan rambut Anda
Penampilan ternyata juga sangat berpengaruh pada penilaian para wanita. Untuk mengubah penampilan Anda terlihat lebih segar dan rapi, mulailah dengan potongan rambut terkini. Pastikan bahwa si dia menyukai potongan rambut Anda kali ini. Alhasil, cinta Anda pun akan disambutnya dengan senang hati.

Ketahui seberapa besar ketertarikannya kepada Anda
Sebelum menghubunginya dan memutuskan untuk bertemu dengan si dia, ada baiknya Anda memastikan apakah si dia benar-benar tertarik pada Anda atau tidak. Upaya ini sebagai salah satu syarat utama yang harus Anda lakukan.

Untuk mengetahuinya, Anda bisa bertanya kepada beberapa teman dekatnya agar Anda mengerti bagaimana respons si dia yang sesungguhnya. Namun bila si dia tak juga menunjukkan sinyal-sinyal cinta pada Anda, jangan putus asa, mungkin saja langkah tersebut menjadi salah satu siasatnya untuk menyembunyikan perasaan pada Anda.

Tunjukkan Kemampuan
Anda
Meski dari penampilan mungkin kurang memenuhi sarat bagi idaman hati namun karena faktor kemampuan yang Anda miliki merupakan sesuatu yang dia butuhkan bisa juga mempengaruhi emosinya untuk lebih mendekat kepada Anda, namun ingat jangan samapi larut dalam hayalan begitu dia sudah mendekat berarti sudah terpanah asmara, bisa jadi hanya faktor kebutuhan.

Jadi perlu hati hati dalam menunjukkan kemampuan yang Anda miliki, jangan sampai maksimal, sebab begitu selelsai yang dia butuhkan maka dia akan menjauh dari Anda. Dari berbagai Sumber

Tips menjauhi rasa malas

Menjadi lesu dan tidak bersemangat atau kurang gairah dengan segala keadaan yang dihadapi, Wajar saja, karena setelah beraktivitas seharian, tubuh pun menjadi kehilangan energi. Terkadang rasa malas datang mengampiri, padahal tugas harus diselesaikan hari ini. Semangat dan menjauh dari rasa malas itu dengan jalan berikut:

Minum air putih dan makan camilan
Untuk itu, peneliti pun menyarankan agar segera minum air putih, karena lemah adalah tanda-tanda dehidrasi. Kekurangan cairan diketahui bisa menurunkan kemampuan otak dan membuat rasa ngantuk dan tidak bersemangat. Oleh karena itu, berikan asupan air yang cukup untuk tubuh setidaknya 2 liter dalam sehari. Jika itu tidak berguna, cobalah makan beberapa makanan penambah energi seperti camilan dari gandum atau cokelat hitam.

Minum kopi
Minum kopi di sore hari bisa mengaktifkan kembali stamina dan energi. Menurut para peneliti, minuman tanpa lemak ini bisa memicu hormon adrenalin yang akan menghilangkan rasa kantuk. Dalam Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry, kopi juga bisa sebagai menghilangkan rasa sakit, memunculkan perasaan segar, sedikit gembira, dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang menghasilkan energi ekstra.

Berkeliling di ruangan
Anda bisa meningkatkan energi sebanyak 20 persen hanya dengan melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki dan berkeliling di ruangan jika Anda sedang di tempat kerja. Peneliti dari University of Georgia mengatakan bahwa kerja dalam keadaan terang juga bisa menghilangkan rasa lelah hingga 65 persen.

Lihatlah benda berwarna
Melihat benda-benda yang berwarna adalah terapi bagi mata yang bisa meningkatkan saraf-saraf di mata dan otak untuk terus aktif dan bekerja. Lihatlah warna kuning, hijau, biru atau merah untuk menghilangkan rasa letih.

Lakukan yoga
Peneliti dari University of New Mexico and Ohio State mengatakan bahwa yoga bukan hanya akan menenangkan pikiran, tapi juga akan membuat otak lebih sadar dan aktif karena aliran oksigen ke otak lebih lancar. Yoga juga diketahui bisa menghilangkan gejala asma, sakit punggung dan arthritis. Yoga membuat hormon oxytocin yaitu hormon yang terkait dengan rasa santai dilepaskan sehingga orang yang melakukan yoga akan memiliki pembawaan yang lebih tenang dan terarah.

Keluar dan cari sinar matahari
Kurang cahaya matahari bisa membuat tubuh menjadi lemah, letih dan lesu. Cahaya matahari akan meningkatkan kerja hormon serotonin dalam tubuh yang akan melancarkan aliran metabolisme dalam darah. Peneliti dari University of Michigan School of Public Health pun menganjurkan setidaknya dalam sehari tubuh harus terkena sinar matahari selama 30 menit untuk mencegah hipertensi dan penyakit lainnya.

Gary Neuman, konselor pernikahan dan penulis "The Truth About Cheating: Why Men Stray and What You Can Do yo Prevent It" mengklaim bahwa 93 persen pria tidak akan pernah mengakui mereka telah selingkuh tanpa merasa terpancing. Ini artinya, jika Anda mencoba meminta pengakuan pasangan selingkuh, Anda akan tak akan mendapati kebenarannya.

Berikut 10 Jalan untuk menangkap basah selingkuh jika ia memang selingkuh, seperti dilansir Modern Mom.



Periksa surat
Biasanya, istri punya keleluasaan lebih besar untuk mengecek surat yang masuk ke alamat rumah. Dengan mengecek surat, Anda bisa melihat setiap tagihan kartu kredit atau tagihan telepon seluler pasca bayar yang mungkin ada salah satu dari sumber mencurigakan.

Monitor telepon
Saat sikap suami terasa mencurigakan, amati telepon selulernya kalau ada nama-nama, pesan teks, dan voice mail misterius. Taktik ini adalah salah satu cara paling umum seorang pria untuk menutupi kebohongannya.

Periksa komputer
Gunakan sebuah perangkat mata-mata (spy) untuk “mengintip” dan membaca pesan e-mail, pesan instan, dan obrolan chatting suami. Anda juga bisa mengecek history komputernya dan mencari situs-situs mencurigakan. Situs kencan dan chat room bagi para single bisa jadi tanda perselingkuhan yang kuat.

Telusuri pengeluaran
Perselingkuhan menghabiskan banyak uang, bukan hanya meletihkan emosi. Berkurangnya sejumlah uang secara misterius tanpa penjelasan dari pasangan bisa menjadi tanda bahwa ia rajin mentraktir makan siang wanita idalam lain saat Anda sibuk di kantor. Periksa tagihan dan rekening bank untuk informasi lebih detail.

Pasang perangkap
Jika Anda mengira suami tengah menggunakan internet untuk menggoda wanita idaman lain, cobalah membuat account seksi di website yang sering dikunjunginya. Temukan account-nya dengan kata-kata menggoda. Anda akan tahu bahwa dia memang mudah tergoda oleh wanita seksi.

Tata ranjang
Memang sudah keterlaluan kalau perselingkuhan suami sudah sampai pada urusan ranjang, bahkan ranjang rumah Anda. Karena itu, cobalah menata ranjang setiap pagi dengan tatanan spesial. Lipat bed cover dan tempatkan bantal-guling dalam cara berbeda setiap harinya. Saat Anda menyadari tatanannya sudah berubah, maka jelas bahwa suami sudah membawa wanita lain ke ranjang saat Anda pergi.

Kejutan
Sesekali, datanglah ke kantor suami saat jam makan siang tanpa sepengetahuannya untuk “menangkap”-nya saat lengah. Cara ini tak hanya akan meningkatkan kesempatan untuk menangkap kebohongan suami, juga mengeratkan hubungan jika ia memang tidak selingkuh.

Perhatikan perilaku
Langsung mandi segera setelah pulang kantor kemudian menolak ajakan Anda untuk bercinta. Kalau Anda melihat perubahan perilakunya, maka ada alasan untuk Anda mencurigainya.

Cek mobil
Periksa bagian bawah jok kursi mobil pasangan, mungkin saja di sana Anda menemukan bungkus kondom atau tulisan cinta. Sementara Anda berada di sana, selipkan alat pelacak di unit GPS untuk mencari tahu apakah ada motel yang telah dikunjunginya selama perjalanan ke luar kota.

Bicara
Saat sebagian pria tidak akan mengatakan mereka pernah selingkuh, masih terdapat sebuah kesempatan jika Anda menanyakannya, maka kebenaran akan muncul. Bahkan jika ia mengelak kebohongannya, Anda mungkin bisa sedikit mengorek untuk menguak sedikit kebenaran.

Entah bagaimana jalannya dan dari mana asalnya, selingkuh tiba-tiba dianggap indah dan merupakan sesuatu yang disahkan. Apalagi untuk kaum adam, selingkuh telah dimaklumkan bagi mereka, karena dianggap sebagai makhluk visual.

Dengan jalan sebuah survei yang dihelat Askmen, sebanyak 10 persen pria pernah berselingkuh, atau ingin berselingkuh jika pasangan tidak mengetahui perbuatannya.

Namun, terdapat 70 persen pria yang masih menyandang predikat setia. Pasalnya, mereka mengaku tidak mungkin berselingkuh dengan alasan cinta.

Hasil ini sungguh mencengangkan, karena ternyata persentase pria setia masih lebih banyak ketimbang mereka yang selingkuh. Sebagian berpendapat bahwa selingkuh adalah perbuatan yang sangat tidak bermoral.

Pertanyaannya kini, apakah yang menjadi penyebab utama pria berselingkuh?

"Perselingkuhan tidak bisa direncanakan. Mereka melakukannya karena selingkuh menjadi hal baru dan berbeda yang patut dicoba. Ini poin utamanya," tutur Adam (31), salah seorang responden penelitian seperti dikutip dari Glamour.

Dari penelitian tersebut, dua pria mengatakan perselingkuhan tak ubahnya pemenuhan hasrat birahi saja. Hasrat itu bagai sinyal alamiah yang dikirimkan lewat sensor tubuh mereka. Saat sinyal itu diterima, otak pun tak dapat bekerja baik hingga terjadilah perselingkuhan.

Alasan lainnya, adrenalin yang membuncah naik ketika berhadapan dengan sosok wanita baru. Mereka berpikiran betapa "hot"-nya si wanita jika berada di ranjang. Inilah pemicu utama perselingkuhan yang dilakukan para pria.

Perjalanan dalam kehidupan asmara memang cukup rumit. Ada kalanya kita merasa jenuh atau sebal dengan pasangan, sehingga ujung-ujungnya tersirat pikiran ingin selingkuh. Banyak Jalan yang bisa Anda tempuh agar perselingkuhan tidak terjadi :

Niat Kuat
Tetapkan hati untuk tidak mendua. Sedari awal menikah ataupun baru berpacaran, niatkan dalam hati bahwa hanya dia yang Anda miliki. Saya rasa Anda kerap kali mendengar kalimat ini "Satu saja nggak habis, kenapa mesti dua atau lebih?" Nah, cobalah untuk menerapkannya.

Karma
Jika tidak ingin dikhianati oleh pasangan, maka jangan melakukannya. Berani berbuat, harus berani mengambil resiko. Ingatlah karma, jika Anda pernah berselingkuh, suatu hari entah kapan waktunya, semuanya bisa berbalik menimpa Anda. Jadi sebaiknya jangan sekali-kali mencoba untuk berselingkuh, ingatlah karma!

Belajar
Banyak sekali, bisa diperoleh dari membaca buku-buku, download di internet, dan majalah yang memuat artikel (solusi maupun tips-tips)yang bisa dijadikan referensi untuk Anda agar terhindar dari selingkuh. Bisa juga dengan minta pendapat dengan beberapa sahabat Anda yang bisa memberikan pandangan yang netral.

Lihat Pasangan Lebih Dekat
Meskipun ada istilah "Rumput tetengga lebih hijau" tatapi jangan membandingkan pasangan dengan yang lain. Lihat dia dan terima dia apa adanya, meski ada kekurangan itu adalah hal yang wajar sebab manusia tidak ada yang sempurna. Justru Anda harus bisa menggali daya tariknya bukan dalam hal fisik semata (simpati, kebaikannya, kesetiaannya).

Komitmen
Menjaga dan menjalani komitmen serta aturan yang telah dibuat berdua. Setelah berniat untuk setia, terapkan pula dalam keseharian bahwa Anda harus menerapkan kesetiaan. Jika ada masalah lebih dahulu dibicarakan dengan pasangan. Jangan menganggap Anda sendirian, melainkan ada pasangan yang menjadi partner hidup Anda. Lantas bagi pribadi narsistik, sebaiknya buat komitmen dan aturan yang jelas dan tegas, sehingga mencegah terjadinya perselingkuhan.

Tanda perempuan berbohong

John DeVore, penulis 'Mind of Man' menuturkan sebenarnya lebih mudah mendeteksi kebohongan pada wanita, asal tahu tanda-tandanya. Berikut beberapa sinyal kebohongan yang dapat diperhatikan dari gerak-gerik kaum hawa seperti dikutip dari Your Tango.

1. Bahasa tubuh menggoda
Saat seorang wanita ingin mengalihkan perhatian dari sesuatu, ia akan berubah menjadi lebih seksi dan menggoda pasangan. Tujuannya agar pasangan pria lupa.


2. Kejutan tidak menyenangkan
Jika tidak merasa menyukai hadiah atau melakukan sesuatu yang buruk, wanita akan mengganti rasa bersalahnya dengan sebuah kejutan. Memberi hadiah atau bunga tanpa alasan bisa menjadi barometer ada sesuatu yang ia sembunyikan.

3. Tanggapan berbeda
Apakah Anda menanggapi pertanyaan dan keingintahuan pasangan dengan santai atau sebaliknya? Penjelasan yang terbata-bata atau emosional tanpa sebab bisa menjadi tanda-tanda Anda sedang berkelit.

4. Bahasa terlalu formal
Anda menyatakan alasan kepada kekasih hampir seperti pada orang yang tak dikenal. Hati-hati, si dia bisa merasa pernyataan Anda seperti pidato yang telah dipersiapkan dan sangat berhati-hati.

5. Menunjukkan sikap bermusuhan
Anda yang langsung emosi dan marah saat ditanya mengenai sesuatu menunjukkan sikap defensif. Jika benar-benar peduli, Anda akan menghapus semua tuduhan itu dengan menjawab pertanyaan apa adanya.

6. Bahasa tubuh
Gelisah, menghindari kontak mata dengan pasangan dan gerakan berulang-ulang adalah pertanda buruk wanita menyembunyikan sesuatu.

7. Selalu berbohong
Biasanya wanita hampir selalu berbohong kepada orang lain untuk kepentingannya sendiri. Jadi, bukan tidak mungkin pasangan juga menjadi salah seorang korban karakternya yang berkompromi terhadap kebohongan.

8. Menghilangkan detil cerita
Wanita bercerita panjang lebar namun tidak menyertakan detil-detilnya. Seringkali dengan bahasa tubuh yang gugup.

9. Mengaku tak pernah memikirkan mantan
Dengan tegas wanita menolak ia masih mengingat mantan kekasihnya. Bisa jadi wanita tengah berbohong. Setiap wanita pasti pernah mengenang kehilangan cinta, meskipun hubungan yang sedang dijalani baik-bak saja.

10. Pria perlu dengarkan kata hati
Pria perlu mendengarkan naluri bila berpikir ada sesuatu yang mencurigakan. Lebih baik tanyakan pada wanita untuk menghindari paranoia. Namun, jika pria masih merasa sesuatu tidak beres setelah mendengar penjelasan dari pihak wanita, kemungkinan besar memang ada sesuatu yang terjadi.

Bukan zamannya lagi, wanita dijajah pria. Karena itu, jangan terjebak dengan kesalahan-kesalahan klasik yang sering dilakukan para wanita. Berikut kebiasaan wanita mungkin bisa bikin pria ‘ilfil’, seperti yang dituliskan Barbara DeAngelis, Ph.D. dalam bukunya, Secrets About Men Every Women Should Know:

1. Memperlakukan pasangan layaknya anak kecil
Mempersiapkan semua keperluan pasangan memang merupakan bentuk perhatian Anda. Sayangnya, maksud baik Anda bisa salah diterima. Pria dapat menganggap, tanda perhatian Anda sebagai instruksi yang menjatuhkan mereka.
Mereka merasa Anda menganggapnya kurang kompeten dan mencoba untuk menguasai hidupnya.

Jadi, bukan berarti semuanya Anda kerjakan sendiri, kan? Anda bisa menyiapkan keperluannya di lemari. Tapi, biarkan dia yang memilih sendiri. Dia bisa mandiri, tugas Anda pun lebih ringan.

2. Mengorbankan mimpi Anda
Banyak wanita yang terbuai perasaannya dan akhirnya meninggalkan hobi yang ditekuninya semata-semata untuk bertenggang rasa dengan pasangannya. Bahkan, ada yang rela mengorbankan cita-cita atau mimpi hidupnya agar menyandang status istri. Semua dikorbankan hanya dengan tujuan: agar si dia senang.

Sadarkah Anda bahwa setiap kali Anda berkorban perasaan, minat, ataupun mimpi, dengan tujuan memenangkan hati si dia, berarti Anda mengiris sedikit demi sedikit jati diri Anda? Walaupun cinta Anda sedemikian besar, perubahan yang radikal bukanlah makna cinta, melainkan proses untuk menguasai dan memanipulasi Anda.

3. Sering berakting dan berpura-pura
Ada 5 kesalahan umum yang dibuat wanita agar terlihat manis dan lugu untuk meraih perhatian dan cinta seorang pria. Kesalahan-kesalahan itu adalah:
1. Berpura-pura terluka, padahal sebenarnya Anda emosi.
2. Pura-pura kebingungan, padahal Anda sudah tahu solusinya.
3. Memperlakukan pasangan layaknya ia si big daddy.
4. Meminta sesuatu dengan nada artifisial dan manja.
5. Menciptakan kehebohan sebagai upaya minta diselamatkan.

Memang, bukan zamannya lagi pria berlaku bak kesatria yang menyelamatkan sang putri. Hidup sudah sedemikian berat dengan segala tanggung jawab dalam dunia karier dan finansial. Mereka tak punya waktu dan kesabaran yang cukup untuk menghadapi Anda yang sering berperilaku seperti anak kecil.

Tips mengatasi cemburu

Anda pikir Anda cukup percaya diri, tetapi ketika ada rasa insecure menyusup dalam keseharian, emosi pun mulai mengusik. Itu bisa terjadi dalam hal pekerjaan, dalam hal hubungan dengan saudara, bahkan untuk hal penampilan dengan wanita seksi yang berpapasan di jalan sekalipun. Uh, sepertinya mau mengamuk dan berteriak kepada keadaan yang tidak adil. Mungkinkah mengusir rasa iri yang melirik ke arah Anda dan mengganggu mood Anda dalam keseharian itu?

Bisa, asal Anda bisa menyadari bahwa hidup bukanlah kompetisi. Tentu, secara intelektualitas, Anda sudah mengerti hal itu. Namun, dalam keadaan-keadaan tertentu, hal yang membuat Anda merasa tidak nyaman dengan apa yang Anda miliki akan merusak hari Anda. Lalu, apa yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi si iri ini?



1. Identifikasikan secara pasti apa yang Anda cemburui
Semakin spesifik Anda bisa mengidentifikasikan rasa cemburu yang ada, makin mudah untuk Anda mengatasi rasa itu. Mengatakan bahwa Anda iri dengan kebahagiaan seseorang adalah hal yang terlalu buram. Jika Anda merasa iri dengan pekerjaan seseorang pun, maka itu masih kurang detail. Jika ada pekerjaan orang lain yang Anda cemburui, kenali titik apa yang membuat Anda iri, apakah pendapatannya, prestisenya, ataukah jadwal fleksibelnya? Mengidentifikasikan hal spesifik yang membuat Anda iri akan membuatnya lebih mudah untuk mengetahui apa yang penting dari hal-hal tertentu untuk membuat Anda lebih bahagia.

2. Tanyakan diri Anda, apakah dengan mendapatkan hal tersebut benar-benar akan membuat diri Anda lebih lengkap dan utuh? Bagaimana hal-hal yang membuat Anda iri tersebut akan membuat Anda merasa lebih utuh?

3. Tetapkan apakah hal tersebut akan memungkinkan untuk Anda gapai?
Ini adalah langkah yang cukup mudah sebenarnya. Apakah poin-poin yang membuat Anda iri itu cukup realistis untuk Anda gapai? Misal, jika Anda merasa iri dengan orang yang ukuran tubuhnya lebih tinggi, sementara Anda sudah tak melewati masa pertumbuhan, maka Anda harus membaca langkah selanjutnya ini.

4. Cari alternatif dan cara-cara untuk membawa kesenangan atau kepuasan dalam hidup Anda
Untuk kebanyakan orang, rasa iri datang dari kekurangan dalam hidup seseorang. Rasa itu merupakan kurangnya kebahagiaan dan pemenuhan diri. Mungkin, hal yang Anda inginkan tapi tak tergapai itu bukanlah hal yang mudah untuk Anda dapatkan. Namun, Anda masih mungkin untuk mencari cara lain demi mengisi kekosongan itu.

Buatlah daftar hal-hal yang bisa Anda lakukan dan kejar sekarang yang bisa mengisi dan memperkaya hidup Anda. Daftar tersebut akan membantu memberi Anda kontrol terhadap hidup Anda. Ketahuilah bahwa Anda memiliki kekuatan untuk menciptakan rasa senang dan kepenuhan di dalam diri sendiri. Jangan hanya menunggu kebahagiaan itu datang kepada Anda. Andalah yang harus mulai bergerak.

5. Buat rencana
Jika sudah memastikan bahwa hal yang Anda cemburui tersebut adalah hal yang masih mungkin digapai, maka mulailah dengan menciptakan rencana untuk membuatnya terjadi. Hanya karena orang lain bisa melakukan dan menggapai impian Anda, bukan berarti Anda tak bisa mendapatkannya. Namun tentu, hal tersebut butuh perencanaan yang sangat spesifik. Jangan lupa juga untuk membuat rencana cadangan.

6. Rayakan bakat dan kemampuan unik Anda
Cemburu karena bakat teman yang bisa menyanyi dengan indahnya? Hm, bukan berarti Anda harus minder. Carilah hal-hal lain yang spesifik dan spesial dari diri Anda. Rayakan hal-hal spesial tersebut dan berbahagialah untuk keunikan Anda. Siapa tahu, sebenarnya ada orang lain yang iri dengan apa yang Anda punya itu.

7. Pelajari apa yang harus dilakukan untuk menggapai sukses tersebut
Ingatkan diri bahwa untuk tetap fokus dengan apa yang sudah Anda capai dan miliki ketimbang apa yang belum Anda miliki. Pencapaian Anda tak datang dalam semalam dan tak datang begitu saja. Kemungkinan terbesar, Anda mendapatkan apa yang dimiliki sekarang dengan perjuangan dan risiko yang tak sedikit. Begitu pula dengan orang-orang yang Anda cemburui itu. Lebih mudah untuk mengatasi rasa cemburu ketimbang mencapai apa yang digapai orang-orang itu dengan susah payah.

8. Menyadari bahwa tak ada hidup yang sempurna
Setiap orang pasti punya masalah. Kita semua memiliki masalah yang pribadi dan tak terlalu pribadi. Meski kesannya seseorang memiliki segalanya, pahamilah bahwa hal tersebut bukan selalu berarti masalah utama. Biasanya ada begitu banyak yang terjadi di balik layar ketimbang apa yang terjadi di lapisan atasnya.

Menerima Ketidaksempurnaan

Stres akibat, tekanan dalam pekerjaan atau masalah keluarga kerap membuat Anda menjadi gampang marah dan mudah emosi. Dan perilaku seperti itu sering menjadi penyebab timbulnya pertengkaran dengan pasangan. Solusinya, seperti dilansir Prevention, baru-baru ini, belajarlah untuk meredam genderang perang dengan memahamisiapa dan bagaimana pasangan kita.

Memang benar, di dunia ini tidak ada orang yang sempurna. Semuanya pasti memiliki kekurangan. Begitu pula dengan pasangan kita. Dengan mencoba untuk saling memahami, mungkin bisa menjadi alternatif terbaik mencegah pertengkaran.

"Prilaku saling menerima antar pasangan tidak hanya akan meningkatkan keintiman dan kepuasan dalam berhubungan saja, tapi juga bisa menghindari kita terjadinya perselingkuhan," kata Neil Jacobson,
psikolog dan pendiri Integrative Behavioral Couples Therapy, yang melakukan penelitian di University of Washington. "Sebab dengan sikap saling menerima, maka kedua belah pihak tidak akan merasakan adanya tekanan satu sama lain."

Seringkali pertengkaran berawal dari masalah kecil. Misalnya saja, kebanyakan wanita merasa heran, mengapa suami mereka tidak bisa mencuci piring? Atau sekedar mengganti tisu di toilet yang sudah habis?

Sebenarnya kita tidak perlu mencari jawaban kepada seorang profesor, untuk mengetahui alasan mengapa wanita lebih condong bisa melakukan pekerjaan rumah dibadingkan kaum pria. Dan perlu diingat pula, faktor keengganan suami membantu istrinya karena mereka takut mengganggu pekerjaan sang istri.

Lantas apa yang bisa kita lakukan? Solusi jitu adalah gunakan komunikasi yang efektif. Yaitu, komunikasi yang tidak hanya sebatas penyampaian pesan saja tapi harus disertakan dengan kontak verbal. Misalnya, kontak mata dan penggunaan intonasi yang tepat dan membubuhkan sedikit humor. Jika pria tampak tidak peduli dengan debu-debu yang menempel di perabot rumah, maka pahamilah bahwa kaum pria memang tidak didesain untuk memperhatikan hal-hal kecil seperti itu.

Selain masalah kecil, tidak banyak bicara juga kerap menjadi masalah. Wanita memang lebih terbuka dan cerewet dibanding kaum pria. Penelitian yang dilakukan Ronald F.Levant dari University of Akron menyatakan, baik pria maupun wanita dilahirkan dengan kapasitas berprilaku ekspresif yang sama. Yang membuatnya berbeda adalah cara menyosialisasikannya.

Orangtua cenderung mengekspos jangkauan emosi mereka yang lebih luas kepada anak perempuannya dibanding anak lelaki. Mereka juga bekerja keras untuk bisa mengantur perubahan emosi anak-anak mereka. Mungkin saja, pasangan hidup kita merupakan tipe pria pendiam dikarenakan sejak kecil memang mereka tidak diajarkan untuk mengekspresikan emosi mereka.

Jadi jangan pernah menginterpretasikan "diamnya" pasangan sebagai sinyal bahwa mereka sudah mulai bosan dan tidak lagi tertarik dengan kita. Jika kita percaya akan besarnya cinta pasangan pada kita, maka kita bisa melihat bagaimana ia mengomunikasikan bentuk cintanya dengan cara yang nonverbal.

Yang paling fatal sebagai pemicu pertengkaran adalah terlalu sibuknya pasangan kita. Memiliki pasangan yang aktivitasnya padat sering membuat kita kesal, marah, dan tidak dihargai. Ada satu kata yang harus dipahami, yaitu memaafkan. Dengan selalu memaafkan setiap kesalahan orang lain, maka akan menjadikannya rasa sayang. Mulailah untuk mengajak pasangan Anda berbicara dari hati ke hati, ketimbang hanya lewat kalimat makian.

Berikan rasa hormat dan dukungan kepada pasangan kita sehingga mereka bisa merasakan bahwa kita selalu ada untuk mendukung dan memberikan perhatian kepada mereka. Dan pada akhirnya, mereka dengan sendirinya akan merubah jadwal aktivitas dan ingin menghabiskan waktu lebih banyak dengan kita.

Berusaha untuk belajar mencintai kekurangan pasangan kita bukan berarti akan merubah prilaku mereka. Tapi, yang pasti kita sendiri akan merasakan perubahannya. Misalnya, peningkatan rasa percaya, intimasi, dan rasa sayang kepada pasangan kita. Coba hal-hal berikut di bawah ini untuk meningkatkan kadar sayang pasangan Anda:

Pertama, tulis surat untuk pasangan kita yang berisi apresiasi kita untuk segala bentuk empati, keingintahuan, dan kebaikan yang dia tunjukkan melalui kekurangan yang ada padanya.

Kedua, berikan pasangan kita kado spesial untuk merayakan perbedaan kita. Contoh, jika pasangan kita suka menikmati konser dengan hingar bingarnya dan kita tidak, coba belilah dua tiket konser untuk kita tonton bersama. Tunjukkan betapa besarnya cinta kita dengan menikmati konser tersebut karena hal itu yang akan membuat pasangan kita bahagia

Disadari atau tidak, berbagai anggapan tentang cinta seringkali memengaruhi pandangan Anda tentang cinta. Padahal, dalam praktiknya tak semua sesuai. Setidaknya ada 6 kenyataan cinta yang perlu Anda ketahui.

Love At First Sight
Katanya: Bila kita merasakan love at first sight, atau cinta pada pandangan pertama, berarti si dia akan menjadi jodoh Anda.
Kenyataannya: Ketika pertama kali bertemu si dia, tentu yang pertama kali dilihat adalah fisiknya. Wajahnya yang tampan, tubuhnya yang wangi atau tatapan matanya yang bikin meleleh.
Dari pertemuan beberapa detik itu, siapa yang bisa menjamin kalau hatinya akan semanis wajahnya. Jangan bilang Anda bakal cocok dengannya hanya karena dia mengenakan baju yang sama dengan Anda.

Meski getaran pertama itu penting, tapi untuk menjalin hubungan yang sehat tetap dibutuhkan proses perkenalan satu sama lain. Setidaknya, cari tahu informasi mendasar tentang dirinya, seperti pekerjaan, status, hobi, apa yang ia suka dan tidak. Karena ini akan membantu Anda mengenal lebih dekat siapa si dia sebenarnya. Selain itu, dari proses perkenalan ini, Anda bisa memutuskan apakah Anda dan si dia cocok menjadi pasangan. Karena, keindahan fisik saja tak cukup membuat Anda bertahan dalam sebuah hubungan.

Cinta Adalah Segalanya
Katanya: Selama Anda dan si dia saling mencintai, hidup akan selamanya indah.
Kenyataannya: Tak ada cinta tanpa syarat, kecuali cinta seorang ibu pada anaknya. Modal cinta saja tak kan cukup untuk menciptakan hubungan yang bahagia selama-lamanya. Dibutuhkan berbagai hal pendukung untuk mempertahankan hubungan, di antaranya komitmen, kedewasaan, rasa saling menghargai, dan menghormati. Penting juga adanya kesamaan intelektual, finansial yang terjamin, hingga selera humor yang bisa memberikan warna pada hubungan Anda.

Tak Bertengkar Berarti Aman
Katanya: Bila Anda dan si dia tak pernah bertengkar, berarti hubungan Anda ada di titik aman dan akan bertahan lama.
Kenyataannya: Hubungan yang terlalu sepi bagai nasi tanpa garam. Hambar. Tidak ada greget. Tidak ada yang salah dengan pertengkaran, asal dalam batas yang wajar dan sehat. Artinya tidak ada yang saling mendominasi dan menyakiti. Pertengkaran malah membuat hubungan lebih sehat dan berkembang. Anda dihadapkan paad satu persoalan yang membutuhkan solusi.

Hati-hati, bila tak pernah ada pertengkaran dalam hubungan, karena jangan-jangan Anda dan pasangan adalah tipe orang yang menghindari konflik. Bila setiap masalah selalu ditumpuk tentu akan menjadi bom waktu yang bisa "meledak" kapan saja.

Cocok 100 Persen
Katanya: Untuk menjadi pasangan yang serasi, Anda dan si dia harus memiliki kesamaan minat dan kepribadian.
Kenyataannya: Tak ada dua manusia yang benar-benar sama dan cocok. Anak kembar saja pasti ada perbedaannya, kan? Nah, perbedaan yang ada dalam diri dua manusia inilah yang nantinya bisa saling melengkapi kelebihan dan kekurangan satu sama lain dalam sebuah hubungan. Karena itu, kita tak perlu memaksakan si dia untuk punya hobi yang sama dengan kita. Daripada menimbulkan konflik, lebih baik berkompromi dan saling menghargai perbedaan.

Harus Selalu Bersama
Katanya: Semakin sering Anda melakukan kegiatan bersama, hubungan Anda dan si dia akan semakin erat dan betahan lama.
Kenyataannya: Pernahkah Anda merasa ketika punya pacar, teman-teman sepertinya menjadi jauh? Inilah mengapa, tipe hubungan seperti ini bisa dibilang tak sehat. Pasalnya, seluruh waktu Anda seakan hanya untuk si dia. Padahal, Anda dan dia kan tetap harus bersosialisasi dan membagi waktu antara pekerjaan, keluarga, teman, kekasih, dan diri sendiri. So, pandai-pandailah membagi waktu.


Selama bisa mempertahankan kualitas hubungan dengan menjaga intensitas komunikasi dan saling percaya, hubungan akan tetap berjalan lancar.

Married is a Happy Ending Story
Katanya: Ketika si dia akhirnya meminta Anda untuk menjadi pendamping hidupnya, ini akan menjadi cerita cinta yang berakhir bahagia.
Kenyataannya: Menikah dengan seseorang yang kita cintai memang membahagiakan. Tapi, ini bukan berarti akhir cerita cinta. Menikah adalah langkah menuju kehidupan baru yang lebih bertanggung jawab. Dalam pernikahan, akan ada masalah-masalah baru yang harus dihadapi bersama. Dan dalam pernikahan tak bisa lagi sembarang memutuskan hubungan bila Anda tak suka. Karena itu, dibutuhkan pemikiran matang sebelum Anda dan si dia memutuskan akan melanjutkan ke jenjang pernikahan.

1. LELAKI YANG PRIHATIN -

Iaitu mendengar dengan teliti apa yang kami cakap bukan dengar dengan telinga yang kembang aje..dan bukan masuk telinga kiri keluar telinga kanan; sebab cara mendengar begitulah yang biasanya mendorong kaum perempuan jadi membebel, bila dah membebel, panjanglah ceritanya, lepas tu pandai pulak nak menuduh  yang kami ni dj baru thr dot fm..kesalahan sendiri tak perasan..

2. LELAKI YANG MENJADI PENAWAR -
Iaitu yang rajin dan pandai memberikan kata-kata keramat untuk jadi penawar hati kami; walaupun kurang rupa; tidak mengapa, yang penting kaum perempuan ni sentiasa menghadapi kemungkinan untuk ditimpa sakit dari sakit mata sampai sakit jiwa raga jadi, hatinya amat perlu dijaga; dan hanya kata-kata manis lagi betul susunan nahunya yang datang dari mulut lelaki akan menjadi penawar segala bisa.

3. LELAKI YANG MEMBERI KEBEBASAN SEWAJARNYA -
Kebebasan tu bukan kebebasan yang melanggar batas-batas hukum, tapi memberi kebebasan yang berupa hak . Contohnya bila berada di dalam kedai perabot, kaum   perempuan berhak untuk mengangkut sebanyak mana barangan yang dikehendaki, kecuali tey kedai tu..lelaki cuma perlu senyum saja.  Jika hendak melarang pun, gunakanlah suara selembut bayu.

4. LELAKI YANG BERHATI-HATI -
Iaitu berhati-hati dan tidak mudah-mudah saja untuk mengeluarkan kritikan terutama tentang masakan kami. Sebab... ketahuilah ye.. apabila kaum perempuan itu memasak,   mereka bukanlah memasak untuk dikritik atau dikomen itu ini, kalau mereka maukan begitu, tentulah mereka memasuki peraduan masakan. Jadi.. biarkanlah mereka sendiri yang mengaku makanan itu tak sedap. Lain daripada itu, sedap tak sedap..'pulun' aje le...!!!

5. LELAKI YANG WANGI -
Ini adalah seimbang dengan fitrah kaum perempuan yang memang dicipta sebagai makhluk yang cenderung kepada kecantikan dan kebersihan. Oleh itu, kaum lelaki wajar memberi perhatian akan perkara ini. Jagalah fizikal anda, elakkan B.O;apalagi yang kuku berkarat dan selekeh macam pelarian tak cukup kaki. Kalau nak markah lebih tinggi, kenakan wangi-wangian selalu, mandi dan berendamlah dalam botol minyak wangi.

6. LELAKI YANG PEMURAH -
Dalam erti kata yang lain, lelaki yang pemurah adalah yang sentiasa rela dan redha menyerahkan wang ke tangan perempuan. Bukan untuk dikuasai, tapi inilah cara paling baik untuk kaum perempuan, terutamanya kaum isteri untuk mengawal asap rokok yang disedut suami. Paling penting langkahnya pun tidaklah terlalu panjang dan matanya pun tidaklah terlalu liar untuk memandang perempuan-perempuan lain.

7. LELAKI YANG TIDAK KISAH -
Iaitu lelaki yang tidak ambil kisah sangat samada kaum perempuan ni nak memasak ke, nak membasuh ke, nak mengemas atau pun tidak bila di rumah tu. Malah, lelaki yang masuk dalam kategori lelaki tidak kisah ini adalah kaum lelaki yang memberi kelonggaran sepenuhnya kepada isterinya untuk menjadikan kedai makan sebagai dapur nombor dua mereka. Itulah yang menjadi idaman ramai wanita tu..!!

8. LELAKI YANG MEMBERI SOKONGAN PADU -
Inilah ciri-ciri lelaki yang amat diidamkan perempuan. kongan padu mereka adalah sokongan padu yang amat padat kepada kaum perempuan untuk memanjangkan masa-masa bersidang mereka dengan teman-teman atau jiran tentangga. Apabila   mereka mula bersidang, lelaki yang menyokong dengan sepenuh hati tidak sesekali akan bertindak tegas atau mengacau biarpun perut mereka waktu itu sudah berkeroncong; mereka pandai membawa diri dan perut sendiri tanpa perlu menyusahkan isteri. Sungguh bertuah siapa yang memiliki dia kan...!!

9. LELAKI YANG CINTAKAN KEDAMAIAN -
Apabila seseorang lelaki itu bersifat cintakan damai, maka tenanglah hidup mereka bersama wanita pilihan. Contohnya, tidaklah lagi akan kedengaran perbalahan atau   undian balik kampung siapa di musim-musim raya . Lelaki begini amat memahami dan sedar bahawa isterinya telah bertungkus-lumus menjaga anak dan jaga rumah jadi, sentiasa balik kampung isteri adalah hadiah terbaik. Cukuplah setengah hari setahun aje balik kampung sendiri; daripada tak balik langsung dan daripada bergaduh beramuk...lebih baik...beralah kan..

10. LELAKI YANG MENYERAHKAN KUASA VETONYA -
Inilah ciri lelaki yang menjadi buruan kaum perempuan..jika mereka sanggup menyerahkan kuasa veto ke tangan wanita..mereka akan menjadi lebih macho dan hensem daripada Brat Pitt atau Nicholas Cage di mata wanita . Kuasa Veto yang diserahkan itu adalah kuasa veto untuk menentukan samada lelaki yang jadi suami mereka tu boleh pasang 2,3,4 atau tidak. Selain itu wanita juga diberi kuasa veto untuk menentukan siapa kawan-kawan suami mereka; ini untuk pastikan suami tak terikut-ikut perangai yang tak elok. Dengan kuasa veto ini juga beerti kita, kaum wanita berhak sepenuhnya untuk meminta kaum lelaki membuat karangan bertajuk "BILA DAN DI MANA SAYA BERADA HARI INI" setiap kali mereka berhadapan dengan isteri , tunangan atau kekasih mereka.

ADA APA-APA PERBEZAAN??? Kalau anda tak terasa apa-apa mengikuti carta tersebut.. janganlah khuatir, ia tak bermakna anda telah di lali, bebal atau kebal...Ingatlah, semua tu hanyalah CIRI-CIRI LELAKI IDAMAN.... bila kata idaman..ia memang amat jarang menjadi kenyataan kan...jadi...kita simpulkan aje carta kita ni dengan satu mutiara  kata...pun..ehsan Cik Tona jugak ni...iaitu mutiara kata yang   berbunyi...

  "SESUNGGUHNYA..LIDAH WANITA ITU AKAN MENJADI SEMAKIN TAJAM APABILA   LIDAH LELAKI MENJADI SEMAKIN BERCABANG!!!"

Adalah fitrah wanita, dia berasa dirinya sangat dikasihi oleh suaminya apabila dia menerima dukungan emosi dan juga bantuan fizikal daripada suami disebabkan fitrah mereka yang amat memerlukan kedua-dua dukungan tersebut daripada lelaki. Bagi wanita, yang penting bukanlah apa yang diterima daripada suaminya. Bagi wanita, yang penting ialah, walau apa sekalipun yang diberikan oleh suaminya, perkara itu diberikan secara berterusan. Ini disebabkan, bagi wanita apabila dia menerima sesuatu secara berterusan daripada suaminya, maka dia yakin bahawa kasih sayang suaminya konsisten, iaitu sentiasa berterusan dan tidak pernah putus-putus. 

Ada kalanya lelaki memberikan perkara-perkara besar kepada isterinya, seperti sekali-sekali dia membawa isterinya berjalan-jalan ke tempat yang jauh-jauh dan berbelanja. Tujuan lelaki berbuat begitu ialah kerana dia hendak menyukakan hati isterinya supaya dia betul-betul puas. Tetapi selepas memberikan benda-benda besar itu, berminggu-minggu kemudian si suami seolah-olah macam terlupa kepada isterinya dan hanya ingat kepada tugas-tugas rasmi dan tanggungjawab perjuangannya sahaja. Ada pula masanya lelaki cuba memberi kepuasan kepada isteri dengan memberikan benda yang besar-besar dan mahal-mahal sekaligus. Mereka berbuat begitu dengan niat yang baik, iaitu hendak memuaskan hati si isteri, sayangnya mereka tidak faham sifat wanita. Sebenarnya, wanita cuma mahukan perkara-perkara yang murah dan mudah daripada suaminya, tetapi wanita mahukan perkara-perkara itu diberikan kepadanya secara berterusan.


Dr. John Gray, seorang pakar perhubungan rumahtangga di Amerika mengesyorkan beberapa jenis perkara-perkara kecil yang boleh membuat wanita berasa dirinya dikasihi, di antaranya:
 
1. Sekali-sekala belikan isteri saudara itu buah tangan, walaupun saudara tidak pergi ke mana-mana. Ramai lelaki membeli buah tangan untuk isteri apabila mereka pergi jauh dan lama pula. Buah tangan seperti itu tidak berapa memuaskan hati isteri kerana ia boleh diramalkan. Pemberian yang amat memuaskan hati isteri ialah pemberian yang dia langsung tidak sangka akan menerimanya pada hari itu.
 
2. Sekali-sekali pujilah pakaian yang dipakai oleh isteri. Lelaki lazimnya suka memuji pakaian wanita sewaktu mereka masih belum berkahwin. Semakin lama mereka berkahwin semakin jarang mereka memuji pakaian isteri. Pujian jenis ini amat menyukakan hati mana-mana wanita.
 
3. Ambil tahu apa makanan yang isteri saudara sukai. Lazimnya, isteri-isteri amat mengambil berat makanan yang digemari oleh suami, tetapi tidak sebaliknya. Isteri saya sangat suka buah salak, dan setiap kali saya nampak buah salak, saya belikan untuknya. Saya sendiri tidak suka buah itu. Hingga hari ini, buah hodoh itu belum pernah gagal membuat isteri saya seronok menerimanya.
 
4. Pandanglah muka isteri saudara apabila bercakap-cakap dengannya. Tingkah-laku ini menjadi ciri tingkah-laku pasangan yang sedang berkasih-kasihan, tetapi semakin lama selepas berkahwin, kita cenderung semakin kurang melakukan perbuatan ini. Wanita berasa romantis apabila orang yang dikasihinya bercakap dengan memandang matanya.
 
5. Dengarlah isteri saudara bercakap sampai dia puas bercakap dan berhenti sendiri. Perbuatan ini amat memenuhi keperluan psikologi wanita. Tetapi, kebanyakan lelaki tidak berapa sabar hendak mendengar isteri mereka bercakap panjang-panjang mencurahkan apa yang ada dalam dada mereka.
 
6. Apabila nampak isteri saudara sedang risau, bermasalah ataupun bersedih, ajaklah dia bercakap-cakap mengenai perasaannya itu. Tetapi jangan pula saudara beri dia nasihat supaya jangan risau ataupun bersedih. Dan jangan cepat-cepat beritahu dia cara bagaimana masalahnya itu patut diselesaikan. Kesilapan begini sering dilakukan oleh lelaki.
 
7. Apabila saudara nampak dia penat, tolong dia sedikit sebanyak. Inilah antara perkara kecil tetapi yang amat menyukakan hati wanita.
 
8. Jangan lupa telefon isteri saudara awal-awal apabila saudara mungkin balik lambat balik.
Perbuatan-perbuatan di atas adalah cara-cara yang mudah dan murah untuk saudara menyatakan kasih sayang saudara kepada isteri. Dengan melakukan perkara-perkara di atas isteri saudara akan selalu berasa puas hati dengan layanan saudara mahupun dengan perhubungan antara saudara berdua. Baginya, apa yang saudara buat itu sebenarnya memberitahu kepadanya bahawa saudara menyayanginya, bahawa saudara tahu apa yang menjadi kesukaannya, dan saudara suka menolongnya.
 
Apabila saudara membuat sesuatu untuk isteri saudara dengan tidak payah diminta, dia berasa dirinya sangat saudara kasihi.Apabila saudara menolong dia mencuci pinggan, isteri saudara berasa saudara seorang yang sangat bertimbang rasa kepadanya. Dengan cara begini, saudara boleh membuat dia berasa romantik. Apabila saudara tahu mood isteri saudara baik, saudara sendiri berasa yakin bahawa saudara seorang lelaki yang pandai melayan isteri. Hasilnya, saudara berasa bahagia.
 
Apabila seseorang suami duduk menghadap tv dan melihat sahaja isterinya mengemas meja makan dan membasuh pinggan mangkuk dan periuk belanga, barangkali si suami itu berasa relaks dan berterima kasih kerana isterinya tidak menyusahkan dia. Tetapi, perbuatan si suami itu tidak membuat hati isterinya berasa romantik. Wajah si isteri yang begitu tidak memarakkan emosi romantik di hati si suami.
 
Emosi romantik wanita menggebu-gebu apabila sahaja dia tahu bahawa dirinya sungguh istimewa. Perasaan itu menyuburkan nafsu ghairahnya. Tidak ada yang lebih menyuburkan ghairah wanita melainkan tingkah-laku suaminya yang memberitahu bahawa hanya dirinya seorang sahaja yang diingini oleh suaminya.

( Selamat Membaca..:).
Kisah benar- petikan dari majalah NUR- cahaya keinsafan.

Peristiwa yang menimpa diri saya kira-kira dua tahun yang lalu sering datang meragut ketenangan yang cuba di pupuk hari demi hari. Saya selalu kecundang. Justeru saya masih belum dapat memaafkan kesalahan yangtelah dilakukan. Kesalahan yang disangka ringan, tetapi rupa-rupanya mendatangkan rasa bersalah yang tidak pernah berkesudahan hingga ke hari ini. Ingin saya paparkan


peristiwa yang menimpa diri ini untuk tatapan anda sekalian, untuk dijadikan
teladan sepanjang hidup.Untuk pengetahuan semua, dikalangan sahabat-sahabat dan saudara-mara, saya dianggap sebagai seorang isteri yang baik. Tetapi keterlaluan jika dikatakan saya menjadi contoh teladan seorang isteri bekerja yang begitu taat berbakti kepada suami.

 
Walau bagaimana penat dan sibuk sekalipun, urusan rumahtangga seperti melayan suami dan menguruskan anak-anak tidak pernah saya abaikan. Kami di anggap pasangan romantik. Suami saya seorang lelaki yang amat memahami jiwa saya, berlemah lembut terhadap keluarga, ringan tulang untuk bersama-sama menguruskan rumah apabila pulang dari kerja dan lain-lain sifat yang baik ada pada dirinya.
 
Waktu sembahyang dan waktu makan merupakan waktu terbaik untuk mengeratkan ikatan kekeluargaan dengan sembahyang berjemaah dan makan bersama. Pada waktu inilah biasanya beliau akan memberi tazkirah dan peringatan kepada kami agar menjadi hamba yang bertakwa.
Dari sudut layanan seorang isteri terhadap suami, saya amat memahami akan
kewajipan yang harus ditunaikan. Itulah peranan asas seorang isteri terhadap
suaminya. Allah menciptakan Hawa semata-mata untuk melayan Adam dan
menghiburkannya. Meskipun syurga dipenuhi dengan kekayaan dan kemewahan, namun tidak mampu mengisi jiwa Adam yang kosong melainkan dengan diciptakan Hawa.

 
Oleh itu saya menganggap tugas mengurus rumahtangga, mengurus anak-anak dan bekerja di pejabat adalah tugas nombor dua setelah tugas pertama dan utama, iaitu melayani suami.Sebagai seorang yang juga sibuk di pejabat, adakalanya rasa penat dan letih menghambat sehingga saya pulang ke rumah. Tetapi saya bersyukur kerana suami amat memahaminya. Berkat tolong - menolong dan bertolak-ansur, hal tersebut tidak pernah menjadi masalah di dalam rumahtangga. Bahkan sebaliknya menumbuhkan rasa kasih dan sayang antara satu sama lain kerana masing-masing dapat menerimanya dan mengorbankan kepentingan masing-masing.
 
Sehinggalah tiba pada satu hari yang mana pada hari itu datangnya ketentuan
Allah yang tidak dapat diubah oleh sesiapa pun. Hari itu merupakan hari bekerja.


Agenda saya di pejabat amat sibuk, bertemu dengan beberapa orang pelanggan dan menyelesaikan beberapa tugasan yang perlu disiapkan pada hari itu juga. Pukul lima petang saya bersiap-siap untuk pulang ke rumah. Penat dan letih tidak dapat digambarkan. Apabila sampai di rumah, saya lihat suami telah pulang dari pejabat.Dia telah membersihkan dirinya dan sedang melayani anak-anak,
bermain-main dan bergurau senda. Dia kelihatan sungguh gembira pada pada petang itu. 

 
Saya begitu terhibur melihat telatah mereka, kerana suasana seperti itu jarang
berlaku pada hari bekerja. Maklumlah masing-masing penat. Suami sedar saya amat penat pada hari itu. Oleh itu dia meminta agar saya tidak memasak, sebaliknya mencadangkan agar kami makan di sebuah restoran makanan laut dipinggir bandar. Dengan senang saya dan anak-anak menyetujuinya. Kami pulang ke rumah agak lewat, kira-kira jam 11 malam. Apa tidaknya,kami berbual-bual panjang ketika makan, bergurau-senda dan usik-mengusik. Seperti tiada hari lagi untuk esok. Selain anak-anak, suami sayalah orang yang kelihatan paling gembira dan paling banyak modal untuk bercakap pada malam itu. Hampir jam 12 barulah masing-masing merebahkan badan di katil. 
Anak-anak yang kekenyangan segera mengantuk dan lelap. Saya pun hendak
melelapkan mata, tetapi belaian lembut suami mengingatkan saya agar tidak tidur lagi. Saya cuba menggagahkan diri melayaninya, tetapi hati saya hanya separuh saja jaga, separuh lagi tidur. Akhirnya saya berkata kepadanya sebaik dan selembut mungkin, "Abang, Zee terlalu penat," lalu saya menciumnya dan memberi salam sebagai ucapan terakhir sebelum tidur.Sebaliknya suami saya terus merangkul tubuh saya. Dia berbisik kepada saya bahawa itu adalah permintaan terakhirnya. Namun kata-katanya itu tidak meresap ke dalam hati saya kerana saya telah berada di alam mimpi. Suami saya perlahan-lahan melepaskan rangkulannya.

 
Keesokannya di pejabat, perasaan saya agak tidak menentu. Seperti ada perkara yang tidak selesai. Saya menelefon suami, tetapi tidak berjawab. Sehinggalah saya dapat panggilan yang tidak dijangka sama sekali - panggilan dari pihak polis yang menyatakan suami saya terlibat dalam kemalangan dan dikehendaki datang segera ke hospital. Saya bergegas ke hospital, tetapi segala-galanya sudah terlambat. Allah lebih menyayangi suami saya dan saya tidak sempat bertemunya. Meskipun redha dengan pemergian suami, tetapi perasaan terkilan dan bersalah tidak dapat dikikis dari hati saya kerana tidak melayaninya pada malam terakhir kehidupannya di dunia ini. Hakikatnya itulah pahala terakhir untuk saya sebagai seorang isteri. Dan yang lebih saya takuti sekiranya dia tidak redha terhadap saya pada malam itu,maka saya tidak berpeluang lagi untuk meminta maaf daripadanya.
Sabda Rasulullah s.a.w, "Demi Allah yang jiwaku di tangan-Nya,tiada seorang
suami yang mengajak isterinya tidur bersama di tempat tidur,tiba-tiba di tolak
oleh isterinya, maka malaikat yang di langit akan murka kepada isterinya itu,
hingga dimaafkan oleh suaminya."

Sehingga kini, setiap kali saya terkenang kepadanya, air mata saya akan mengalir ke pipi. Saya akan  bermunajat dan mohon keampunan daripada Allah. Hanya satu cara saya fikirkan untuk menebus kesalahan itu, iaitu dengan mendidik anak-anak agar menjadi mukmin sejati. Agar pahala amalan mereka akan mengalir kepada ayah mereka. Hanya itulah khidmat yang dapat saya berikan sebagai isterinya.

Itulah harapan saya .semoga Allah perkenankannya. ****

Nota:
Seperti yang pernah disarankan oleh Dr Fadhilah Kamsah.. pohon la
kemaafan kepada suami sebelum tidur... maafkan juga mereka2 yang ada kaitan
dengan kita sebelum kita tidur.. kerna kita tak tau.. apakah esok kita masih
boleh bangun or.. macam dalam kesah ni.. :)...

Kebanyakan lelaki berkata mereka tidak faham apa sebenarnya yang dimahukan oleh wanita yang cemburu. Menurut mereka, walau apa sekalipun yang mereka buat, isteri mereka yang cemburu tetap juga cemburu. Ditinjau daripada satu sudut, cemburu ialah manifestasi hilangnya rasa selamat dari dalam hati si pencemburu. Hilangnya rasa selamat bukan hanya menimbulkan cemburu, tetapi juga menghilangkan rasa kepuasan.
  Menurut pakar-pakar pikologi perhubungan, bagi seseorang wanita, apabila dia berkahwin, dia mendapat kepuasan daripada dua sumber. Sumber kepuasan wanita yang pertama ialah tingkah-laku suaminya kepadanya. Dalam erti kata yang lain, dia mendapat kepuasan daripada cara-cara suaminya melayan dirinya. Setiap kali suaminya melayan dia dengan cara yang positif, maka wanita berasa sangat puas. Sebagai contoh, perbuatan membantu isteri membasuh pinggan lepas makan adalah tingkah-laku positif. Setiap kali si suami membasuh pinggan selepas makan, maka si isteri berasa sangat puas. Ini bermakna, untuk memuaskan hati isteri, lelaki digalakkan membuat banyak perkara-perkara yang positif.
 
Sumber kepuasan wanita yang kedua datang daripada makna yang diberikan olehnya ke atas tingkah-laku suaminya. Mana-mana perbuatan lelaki yang diberi makna dan nilai tinggi oleh wanita mecipta rasa kepuasan yang tinggi kepada wanita. Hasilnya, setiap kali seseorang suami melakukan perbuatan-perbuatan begitu, maka isterinya berasa sangat puas. Sebagai contoh, perbuatan lelaki memuji masakan isterinya diberi makna dan yang tinggi oleh si isteri. Setiap kali seseorang suami memuji masakan isterinya, maka isterinya berasa sangat puas. Ini bermakna lelaki perlu mengetahui pelbagai tingkah-laku suami yang diberi makna dan nilai tinggi oleh isterinya, dan mereka digalakkan banyak menunjukkan tingkah-laku jenis itu kepada isteri.
 
Suami-suami melakukan berbagai-bagai perkara. Setiap perkara yang dilakukannya diberi makna dan nilai oleh isterinya. Apabila perkara itu diberi nilai tinggi, setiap kali si suami melakukan perkara itu ke atas diri si isteri, maka si isteri mengecapi rasa puas yang sangat tinggi. Begitu juga yang sebaliknya. Setiap kali suami melakukan perkara-perkara yang diberi nilai rendah oleh isterinya, maka si isteri akan berasa amat tidak puas. Sebagai contoh, perbuatan balik lambat diberi nilai yang amat rendah oleh wanita, maka setiap kali lelaki balik lambat, isterinya akan berasa amat tidak puas.

Tetapi lelaki ingin tahu, bagaimanakah wanita memberikan nilai tinggi ataupun nilai rendah ke atas perbuatan dan tingkah-laku suami? Beginilah cara wanita memberikan makna dan nilai ke atas tingkah-laku suami mereka. Sebahagian daripada apa yang dilakukan oleh lelaki, mereka hanya melakukan perkara itu dengan isteri sahaja. Sebahagiannya pula mereka tidak pernah melakukannya dengan isteri. Manakala ada pula perkara-perkara yang mereka lakukan baik dengan isteri mahupun dengan orang-orang lain. Berikut ialah kriteria yang digunakan oleh wanita untuk memberikan nilai tinggi ataupun rendah ke atas tiap-tiap tingkah-laku suami:
 
1. Eksklusif dengan isteri
Bagi wanita, tingkah-laku suaminya yang bersifat eksklusif, iaitu ia hanya dilakukan oleh si suami dengan si isteri seorang sahaja, diberi nilai yang amat tinggi oleh wanita. Contoh perbuatan eksklusif yang dilakukan oleh lelaki dengan isterinya sahaja ialah seks. Jadi, semua tingkah-laku seksual si suami diberi nilai yang sangat tinggi oleh isteri selagi tingkah-laku seksual itu hanya dilakukan oleh si suami dengan si isteri sahaja. Tingkah-laku seksual termasuklah semua perbuatan yang mengiringi nafsu seks, dengan persetubuhan sebagai perbuatan yang paling tinggi nilainya. Itulah sebabnya setiap kali suaminya melakukan perbuatan-perbuatan seksual ke atas si isteri, maka si isteri mengecapi kepuasan yang sangat tinggi.
 
Kajian pakar-pakar mendapati lain-lain perbuatan lelaki yang dianggap eksklusif oleh wanita ialah:
 
a. Bercakap-cakap dan berbual-bual mesra lama-lama
 
Ramai lelaki menyangka mereka boleh melakukan perbuatan ini dengan wanita-wanita yang menjadi rakan-rakan rapat mereka dan lelaki menganggap perbuatan itu tidak patut menimbulkan rasa curiga di hati isteri mereka. Tetapi, bagi wanita perbuatan ini hanya boleh dilakukan oleh lelaki dengan isterinya sahaja, tidak boleh dengan mana-mana wanita lain. Itulah sebabnya wanita berasa cemburu yang kuat apabila suaminya menghabiskan waktu yang panjang bercakap-cakap dan berbual-bual mesra dengan wanita lain, tanpa mengira siapa wanita itu kepada suaminya.

b. Usik-mengusik, bergurau senda dan bergelak ketawa
Bagi wanita perbuatan ini juga hanya boleh dilakukan oleh lelaki dengan isterinya sahaja, tidak boleh dengan mana-mana wanita lain. Itulah sebabnya perbuatan ini juga menimbulkan perasaan cemburu yang amat kuat di hati wanita.
 
c. Mencurahkan masalah peribadi
Bagi wanita, suaminya tidak patut mencurahkan perasaan dan masalah peribadinya kepada wanita lain kecuali dirinya. Oleh yang demikian perbuatan ini juga menimbulkan perasaan cemburu yang amat kuat.
 
Apabila lelaki melakukan tingkah-laku yang sepatutnya sangat eksklusif itu dengan wanita lain, nilai tingkah-laku itu jatuh menjunam-junam di mata si isteri. Kepada si isteri, kini tingkah-laku itu tidak lagi membawa makna dan kepuasan yang sama seperti dulu. Itulah sebabnya, sebarang tingkah-laku seksual suaminya yang menyebabkan perbuatan itu kini tidak lagi ekslusif dengan dirinya seorang, ia menimbulkan reaksi cemburu yang sangat kuat daripada isteri.
 
2. Eksklusif tanpa isteri
Lelaki juga melakukan pelbagai perkara dengan orang-orang lain tetapi tidak pernah dengan isterinya. Sebagai contoh, lelaki tidak bermain bola dengan isterinya. Tingkah-laku suami yang tidak pernah dibuat dengan isterinya diberikan nilai yang rendah oleh si isteri. Jadi, perbuatan suaminya bermain bola dengan lelaki-lelaki lain tidak menimbulkan cemburu isterinya.
 
3. Inklusif
Ada kalanya lelaki melakukan perbuatan-perbuatan baik dengan isterinya, mahupun dengan orang-orang lain. Sebagai contoh ialah perbuatan makan. Perbuatan makan dilakukan oleh lelaki baik dengan isterinya dan juga dengan orang-orang lain. Perbuatan jenis ini diberi nilai yang sederhana tingginya. Setiap kali si suami makan bersama isterinya, si isteri berasa sederhana puas. Jadi perbuatan suaminya duduk makan semeja dengan rakan-rakan wanita sekerjanya menimbulkan reaksi cemburu yang sederhana kuatnya.
 
Inilah asas kepada rasa kepuasan seorang isteri. Apabila tingkah-laku yang dulu eksklusif dengan dirinya, kini dilakukan juga oleh suaminya dengan wanita lain, maka nilai tingkah-laku itu turun, ataupun hilang sama sekali. Akibatnya, tingkah-laku suaminya itu tidak lagi memberi kepuasan kepadanya. Sebagai contoh, jikalau suaminya menciumnya, dia berasa sangat puas kerana perbuatan itu adalah eksklusif. Apabila suaminya juga mencium wanita lain, dia akan berasa sangat cemburu. Akibatnya, apabila suaminya mencium dia, ciuman suaminya itu tidak lagi memuaskannya.
Itulah sebabnya, setelah seseorang lelaki berkahwin lain, seks yang serupa tidak lagi memberi kepuasan yang serupa kepada isteri tuanya. Malah ia mungkin tidak memberikan apa-apa kepuasan lagi kepadanya, kerana kini seks bukan lagi tingkah-laku suaminya yang eksklusif dengan dirinya seorang. Kini suaminya juga melakukan tingkah-laku seksual itu dengan wanita lain. Inilah faktor yang membuat nafsu seks isteri tua menurun ataupun hilang sama sekali apabila dia mengetahui bahawa suaminya melakukan hubungan seks dengan mana-mana wanita lain. Jadi, walaupun seseorang lelaki masih memberikan seks yang serupa kepada isterinya, si isteri tidak lagi mengecapi nikmat yang sama, kerana kini nilai tingkah-laku seksual suaminya sudah turun amat rendah, ataupun hapus sama sekali.
 
Tetapi apakah faktor yang sebenarnya menurunkan ataupun menghapuskan nilai tingkah-laku si suami?
 
1. Perubahan Fafsiran
Nilai itu turun kerana setelah suaminya melakukan seks dengan wanita lain, kini si isteri memberikan tafsiran yang berbeza kepada semua tingkah-laku suaminya. Perubahan tafsiran itulah yang menurunkan nilai tersebut.
Kalau dulu si suami membelikan kain batik untuk si isteri dan pemberian itu ditafsirkan oleh si isteri sebagai "Tanda kasih suaminya kepada dirinya", tetapi setelah suaminya kahwin lain, kini si isteri mengatakan "Dia belikan kain batik sebab dia hendak menutup rasa bersalahnya." Tafsiran seperti itulah yang menyebabkan si isteri tidak lagi mendapat kepuasan yang sama daripada kain batik itu.
 
2. Perubahan Penilaian
Kepuasan wanita juga hilang disebabkan cara-cara bagaimana dia kini menilai hubungannya dengan suaminya. Nilai itu berubah apabila dia tahu bahawa suaminya mempunyai hubungan dengan wanita lain. Dulu si isteri berasa puas dengan apa yang dinikmati dalam perkahwinannya. Dulu dia puas kerana sebelum suaminya curang kepadanya, dia menilai mutu hubungannya tanpa membandingkan dengan hubungan lain. Kini, dia percaya hubungan suaminya dengan dirinya tidak sebaik hubungan suaminya dengan wanita lain itu. Akibat perbandingan itu, si isteri percaya dia tidak menikmati hubungan yang sebaik apa yang dinikmati oleh suaminya dengan wanita tersebut. Dia percaya kini suaminya menikmati lebih banyak kepuasan dengan wanita itu, manakala dia sendiri berasa dia tidak sepuas suaminya. Dia juga percaya suaminya tidak berapa puas dengan dirinya dan suaminya lebih puas dengan wanita itu.
 
3. Ramalan Negatif
Dengan persepsi seperti itu, si isteri yakin suaminya akan melabur lebih banyak ke dalam hubungannya dengan wanita lain itu. Malah dia percaya ada kemungkinan suaminya akan meninggalkan dirinya sama sekali. Itulah sebabnya kini dia tidak lagi menikmati rasa puas dengan hubungannya dengan suaminya, walaupun suaminya masih memberikan layanan yang sama seperti dulu.
 
4. Perubahan Persepsi
Rasa tidak puas juga datang daripada persepsinya bahawa kini kasih sayang suaminya sudah berkurangan, walaupun suaminya beria-ia mengatakan itu tidak benar. Rasa tidak puas hati itu datang daripada perasaan bahawa dirinya kini sudah tersisih dan terkeluar daripada sebahagian aktiviti suaminya. Dalam lain perkataan, dia kini tahu bahawa ada kalanya suaminya melakukan aktiviti-aktiviti di mana dia tidak diberi tempat sama sekali, seperti apabila suaminya berada bersama-sama dengan wanita lain itu.
 
Dia juga juga membayangkan bahawa di dalam aktiviti-aktiviti tertentu, suaminya mendapat lebih banyak keseronokan apabila aktiviti itu dilakukan bersama wanita itu. Seterusnya, dia juga tidak puas hati lagi dengan apa-apa yang diterima daripada suaminya kerana kini perkara-perkara itu tidak lagi eksklusif baginya seorang.
 


1. Kawan baik kakak anda.

Kenapa? Ini kerana apada permulaannya semua pasti nampak baik tetapi jika suatu hari nanti anda berselisih faham, semua rahsia anda akan dibongkar kepada kakak. Agak susah untuk anda mempertahankan diri bila ‘diserang’.

2. Setiausaha anda.

Kenapa? Seperti sedia maklum, ada orang yang memandang serong pada kerjaya seorang setiausaha. Bagi mereka, setiausaha hanya mahu menggoda boss, seterusnya berkahwin. Jika ia, anda keluar dengan setiausaha dan dalam masa yang sama, anda sudah berkahwin, anda mengiakan tanggapan orang ini.

3. Bekas teman wanita.

Kenapa? Ada orang kata, kita tidak sesuai jadi kekasih tetapi boleh jadi kawan. Jika hubungan sudah putus, elok sahajalah dilupakan. Tak perulah anda keluar lagi kerana apabila putus, anda sebenarnya tidak punya sefahaman lagi.

4. Teman wanita kawan anda.

Kenapa? Hah! Ini satu kesalahan paling teruk yang pernah anda lakukan. Jagan sesekali menikam kawan dari belakang kerana ia tidak baik untuk sebuah persahabatan. Fikirkan sendiri, kala kekasih anda diambil orang, tentu sakit bukan? Dan itu lah perasaan orang lain yang merasainya.

5. Wanita yang terlalu demand.

Kenapa? Mengapa perlu melayan perempuan yang ‘demand’ kerana anda boleh sakit otak jika melayan mereka ini. Banyak lagi perempuan lain dan jika kekasih anda demand, abaikan saja dirinya.


1. Garang
( garang tak bertempat, suka mencarut, suka cari gaduh, cakap kasar, suka marah2 tak bertempat, silap sikit tak boleh… macam ler dia betul semua, dsb) Lelaki perlu menginsafi diri bahawa wanita bukan alat untuk melepaskan kemarahan atau perasaan geram, sebaliknya dihargai dan dilayan dengan lemah-lembut.

2. Ganas
(kaki pukul, dengan perempuan pun nak tunjuk kuat sebab tahu perempuan bukan lawannya) Lelaki bersikap ganas memang perkara utama yg dijauhi wanita sebab tak mahu mata biru atau badan lebam-lebam bila dah kahwin. Tidak kasihankah lelaki pada wanita yang lemah? Wanita bukan lawan lelaki sebaliknya lelakilah yang patut melindungi wanita.

3. Gementar
(takut sangat, tak yakin diri sendiri, tak percaya kebolehan diri, bergantung pada orang lain, dsb) Contohnya, depan perempuan, lidah kelu sampai ayat yg dilafaz kan pun tak jelas isi butir. Lelaki perlu mengatasi rasa gementar.

4. Gabrah
(tak pandai buat keputusan sendiri, ikut pendapat perempuan saja) Perempuan tak suka lelaki yang tiada keyakinan diri atau cepat panik menghadapi sesuatu perkara.

5. Gentleman tiada
(langsung tak gentle, p entingkan diri sendiri, ambik kesempatan, dsb) Kalau masa bercinta tak gentleman, inikan pula kalau dah kahwin nanti. Lelaki perlulah menghormati wanita selayaknya. Sudah pasti wanita itu juga akan menghormati lelaki dengan perasaan hormat lagi.

6. Gerumal
(bahasa kedah -bohong atau tipu. Suka tipu perempuan untuk kepentingan diri sendiri. Sekali dua boleh maaf, tapi ni berkali2.) Lelaki tidak boleh menggunakan alasan bohong sunat utk melepaskan diri sebaliknya belajarlah untuk menjadi jujur dan bercakap benar dengan wanita. Bukankah berani kerana benar, takut kerana salah? Jika asyik membohongi wanita, sudah pasti kepercayaannnya kepada anda akan musnah.

7. Ganggo
(keterlaluan- lembut sangat, pemalu sangat, pendiam sangat, macho sangat, dll)Perempuan pun naik lemas jika lelaki bersikap keterlaluan dalam sesuatu hal. Cubalah bersikap sederhana dan mengimbangi karektor diri anda dengan baik.

8. Gatal
(miang keladi ngan perempuan lain selain dengan isteri)Tak boleh tengok perempuan dahi licin atau anak dara, mulalah pasang niat nak mengorat. Anda perlu ingat, kadangkala perempuan berpura2 melayan anda kerana ada udang sebalik batu. Mungkin dia materialistik dan cintakan duit anda sahaja. Fahamilah perasaan isteri atau pasangan anda yang mencintai anda sepenuh hati! Bukankah lebih baik menggoda isteri sah anda daripada menggoda perempuan lain yang bukan hak anda.

Tips Berhenti Merokok


1. Melengah-lengah
Lengahkan tindak balas ke atas keinginan merokok seperti melambat-lambatkan mencari rokok. Sekiranya rokok ada di tangan, jangan dinyalakan terus, tunggu sekurang-kurangnya 5 minit. Keinginan untuk merokok ini kesudahannya akan hilang juga. Katakan pada diri anda “nanti” setiap kali anda ingin merokok.

2. Menarik Nafas Panjang
Tarik nafas anda dengan panjang sekurang-kurangnya tiga kali dengan perlahan-lahan.



3. Minum Air Dengan Banyak

Minumlah air banyak-banyak. Sebaik-baiknya air galian atau air masak suam. Jangan minum air berkafein seperti kopi atau teh, kerana minuman ini biasanya akan membuatkan anda ingin merokok selepas meminumnya.

4. Membuat Sesuatu
Buatlah sesuatu yang boleh mengalihkan fikiran anda daripada rokok. Contohnya bersiar-siar makan angin, telefon kawan, membaca buku, bermain muzik, membuat silang kata, berkebun dan sebagainya.

5. Menguyah Sesuatu
Mengunyah sesuatu seperti gula-gula getah,lobak merah,buah epal dan sebagainya. Elakkan sesuatu yang manis seperti gula-gula biasa.

6. Mandi atau Basuh Tangan
Sekiranya berada di rumah, mandilah seberapa kerap atau basuh tangan setiap kali terasa hendak merokok.

7. Melakukan Senaman Regangan
Lakukan senaman regangan setiap kali anda merasa mengantuk kerana tidak merokok.

8. Memohon Doa
Mohonlah doa kepada Tuhan agar azam dan usaha anda untuk berhenti merokok itu berjaya.

Newer Posts Older Posts Home